STUDY KASUS
PERUSAHAAN JUAL BELI LAPTOP & AKSESORIS DAN JASA PERBAIKAN KOMPUTER
MENGGUNAKAN APLIKASI MYOB ACCOUNTING
Disusun oleh :
Nama : NIM :
Inge Virtalia 11171458Monika 11171462
Siti Nurlatifah 11171457
Yopi Ahmad Nugraha 11170036
Desyah Anggraeni 11171431
Program Studi Sistem Informasi Akuntansi
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika
November 2018
A. Identitas Perusahaan/Instansi
Nama Perusahaan : PT. Unicorn Techno
Alamat : Jl.Raya Bogor no 19,
Bogor, Indonesia
No.Telepon : 0251-3219761
No.Fax : 0251-3219761
Email : unicorntechno@gmail.com
PT Unicorn Techno
adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan jual beli laptop dan
aksesoris komputer serta melayani jasa perbaikan laptop/komputer.
B. Kebijakan Akuntansi
1.
Umum
-
Periode akuntansi tahunan,dimulai dari 1
Januari s.d 31 Desember 2018.
-
Sub periode akuntansi : 12 bulan.
-
Pada setiap bulan disusun neraca saldo.
-
Mata uang IDR (Rp).
2.
Pembelian
- Setiap pembelian akan diperhitungkan PPN
masukan 10% dari nilai pembelian. Beban angkut pembelian ditanggung oleh pihak
perusahaan.
- Setiap retur pembelian akan
diperhitungkan pengurangan atas nilai hutang dan PPN masukan.
- Termin pembayaran tergantung kesepakatan
dengan supplier.
-
Pembayaran dalam periode diskon akan mengurangi
nilai hutang dan nilai PPN masukan.
3.
Pengeluaran kas
-
Pengeluaran kas diatas 1.000.000
dilakukan dengan cek.
-
Setiap pengeluaran cek akan didukung dengan
bukti pengeluaran kas.
-
Setiap pengeluaran kas kurang dari
1.000.000 akan masuk kas kecil.
4.
Penjualan
-
Setiap penjualan akan diperhitungkan PPN
keluaran sebesar 10% dari nilai penjualan.
- Setiap retur penjualan akan diperhitungkan
pengurangan atas nilai piutang dan PPN keluaran.
- Pelunasan piutang dalam periode diskon akan
mengurangi nilai piutang dan PPN
keluaran.
5. Penerimaan kas
-
Setiap penerimaan kas sementara akan disimpan
di brankas toko dan dicatat dalam akun Kas
Bank.
- Pada setiap akhir pekan (Jum’at sore)
seluruh kas akan disetor ke Bank didukung dengan bukti penyetoran dari bank.
6. Penilaian persediaan barang
-
Disediakan kartu barang untuk mencatat persediaan,keluar
dan masuk untuk setiap barang dagangan.
7. Penyusutan aktiva tetap
-
Penyusutan atau depresiasi aktiva tetap dihitung
dengan metode garis lurus.
-
Perhitungan dan pencatatan beban depresiasi
dilakukan pada setiap akhir bulan.
Penyelesaian :
Membuat
data perusahaan baru
Untuk membuat data
perusahaan baru ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :
- Tampilan
jendela selamat datang di MYOB
2. Untuk membuat data baru pilih Create, lalu isi data perusahaan-Next
Current FY : tahun tutup buku
Last month FY : bulan tutup buku
Conversion month : bulan konversi manual ke MYOB
Number of acc periods : jumlah bulan periode akuntansi
4. Pada tampilan jendela build your account list pilih yang baris ketiga “I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB Premier” artinya membuat sendiri daftar akun pada modul account MYOB Premier, klik next
5. Tampil jendela conclusion, pilih command centre, next untuk masuk ke jendela utama MYOB
6. Tampilan menu utama MYOB
C. Membuat Data Akun
Akun Yang Digunakan Di PT.Unicorn TechoMembuat data akun baru
-Modul Account > Account List
-Klik tombol New
-Isi data akun yang akan dibuat dan klik OK
-Ulangi langkah yang sama untuk membuat data akun yang baru
C. Membuat Data Akun
Akun Yang Digunakan Di PT.Unicorn Techo
Penyelesaian :Mengubah data akun yang sudah ada
- Pilih Modul Account → Account List
- Klik Edit Untuk Kode 1-1100 General Cheque Account , Ubah menjadi Kas
- Lakukan perubahan akun pada jendela Edit Account tersebut
- Ulangi langkah yang sama untuk mengubah data akun yang diperlukan
E. Menghapus Data Akun
jika ada data akun dari list akun yang sudah ada, namun tidak terpakai bisa kita hapus, yaitu dengan cara sebagai berikut: (Contoh: menghapus akun 6-5100 Wages & Salaries)
Penyelesaian :
-Modul Account pilih Account List
-Klik Dua Kali pada akun 6-5100 Wages & Salaries
-Hapus akun
-Klik Menu Bar Edit pilih Delete Account
F. Linked Account
Salah satu keunggulan MYOB adalah bisa membuat jurnal otomatis untuk setiap transaksi pembelian, penjualan, penerimaan kas, pembayaran kas, jurnal penutup akhir periode dan jurnal otomatis lainnya. Namun jurnal tersebut tidak akan disajikan dengan benar kalau kita salah dalam menentukan akun yang akan digunakan sebagai penghubung dari transaksi dengan jurnal.
1.Accounts & Banking Linked Accounts
Pilih Menu Setup - Linked Account - Account & Banking Accounts
-Equity Account for Current Earnings
Akun ini untuk menampung selisih laba/rugi, akumulasi dan saldo dari akun pendapatan (income) dikurangi dengan HPP dikurangi dengan beban usaha ditambah dengan pendapatan di luar usaha dan dikurangi dengan beban di luar usaha.
-Equity Account for Retairned Earnings
Akun ini untuk menampung kumpulan (akumulasi) saldo laba/rugi periode yang sudah ditutup buku (start new year).
-Equity Account for Historical Balancing
Akun ini untuk menampung selisih saldo debit kredit pada saat pengisian saldo awal yang diisikan dari menu Account Opening Balance. Jika akun ini memiliki saldo, berarti masa transisi dari manual ke MYOB belum berhasil terlewati dengan baik. Jadi akun ini sebaiknya sudah bernilai nol sebelum melakukan transaksi.
-Bank Accounts for Undeposited Funds
Akun ini untuk menampung sementara penerimaan pembayaran dari pelanggan (receive payment) yang belum cair di rekening bank/kas perusahaan.
2.Purchases Linked Accounts
-Pilih Menu Setup - Linked Account - Purchases Linked Accounts
-Isi seperti gambar dibawah ini klik OK
-Liability Account for Tracking Payables: 2-1000 Hutang Dagang
Akun ini akan menampung nilai utang saat kita membuat transaksi enter purchase dan pay bills. Akun ini nantinya akan dijadikan sebagai buku besar umum utang dagang yang saldonya akan dibandingkan dan harus sama dengan total utang kepada para supplier.Akun ini akan menjadi default kas/bank yang akan mengeluarkan uang saat kita mengisikan transaksi enter purchase dan mengisi langsung di field paid to day.
Untuk menampung sementara transaksi penerimaan barang yang belum ada tagihan dari supplier. Dengan account defaultnya adalah liability.
-I Pay Freight on Purchase [Expense or Cost of Sales Account for Freight : 6-2200 Biaya Angkut
Akun ini akan mengakibatkan jurnal pada posisi debit saat kita memasukkan transaksi pembelian (enter purchase) dan mengisikan field freight di bagian bawah form enter purchase tersebut sebagai biaya angkut pembelian. -I Take Discounts for Early Payment
Akun ini menampung transaksi pembayaran utang ke supplier (pay bills) saat mengisi kolom discount dan akan dijurnal dengan syarat bahwa satu baris tagihan tersebut telah dibayar lunas.
Pilihan diskon ini pun tidak lazim digunakan di Indonesia, karena di Indonesia diskon tidak menjadi unsur PPN..
-I Pay Charges for Late Payment [Expense Account for Late Charges]: 6-5000 Biaya Bunga
Akun ini menampung transaksi pembayaran utang ke supplier (paybills) dengan isian field finance charge di bagian bawah formulir transaksi tersebut.
3.Sales Link Account
-Pilih Menu Setup - Linked Account -Purchases Linked Accounts
-Isi seperti gambar dibawah ini klik OK
G. Tax
Code
Pajak yang berlaku di Indonesia
dinamakan sebagai Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Linked account untuk pajak
adalah:
a)
Linked Account for Tax Collected
Akun ini menampung jumlah pajak
yang terdapat pada faktur penjualan dan akan di jurnal ke akun pajak keluaran
sebesar tarif yang diisikan di kode pajak.
b)
Linked Account for Tax Paid
Akun ini menampung jumlah pajak
yang terdapat pada faktur pembelian dan akan di jurnal ke akun pajak masukkan
sebesar tarif yang diisikan di kode pajak tersebut.
Ada 2 istilah yang berlaku umum
di Indonesia:
1.
Pajak Masukan
Pajak yang harus dibayar oleh
pembeli (assests). Jika pembeli tersebut akan menjual lagi maka pajak
yang telah dibayar dapat dikreditkan ke pajak keluarannya.
2.
Pajak Keluaran
Pajak yang harus dipungut oleh
penjual dan nantinya harus disetorkan ke kas negara (liability).
Penyelesaian :
Setting
Tax Code
-
Dari
Menu Bar pilih List -Tax Code - New
-
Isi data seperti gambar di bawah ini
H. Setup
Account Opening Balance
Berikut ini
adalah neraca saldo awal perusahaan
PT.Unicorn
Techno
Neraca
Periode 31
Desember 2017
Penyelesaian :
Mengisi saldo awal akun
perusahaan
-
Menu Bar pilih Menu Set Up
-
Pilih Balance - Account
Opening Balance
-
Masukkan nilai nominal saldo
awal untuk masing-masing perkiraan pada kolom Opening Balance
-
Masukkan nilai minus jika
jumlah saldo awal perkiraan tersebut bersifat mengurangi perkiraan lain
perkiraan lain, misalnya untuk perkiraan Akumulasi Penyusutan, potongan, retur
dan prive.
-
Masukkan nilai minus jika akun
yang ada di neraca saldo, tidak pada posisi normal.
-
Jika sudah balance klik OK
I.
Setup Card File
1. Setup Data Pelanggan dan Pemasok
Berikut ini adalah data Pelanggan
dan Pemasok yang dimiliki oleh perusahaan:
Penyelesaian :
-
Pilih Modul Card File - Card
List
-
Isi
data pelanggan dan pemasok yang dimiliki perusahaan
2.
Setup Customer & Supplier Opening Balance
Penyelesaian :
Customer balance
-
Pilih
Menu Setup - Balance - Customer Balance
-
Pilih
Customer Detail - Add Sale
-
Isi
data dan saldo awal piutang - record
-
Lakukan
langkah yang sama untuk Customer berikutnya sampai
muncul tanda Cangratulations!.
*Jendela
Cangratulations! akan tampil jika total saldo customer balances yang di input
sama dengan akun piutang dagang pada saldo awal perusahaan.
Supplier
Balance :
Merupakan alokasi total hutang yang telah diinput di Account
Opening Balance. Jadi Total Nominal
yang dialokasikan harus sama dengan nominal hutang di Account Opening Balance.
-
Pilih Menu Setup - Balance - Supplier Balance

-
Pilih Supplier Detail - Add
Purchase
-
Isi
data dan saldo awal hutang - record
-
Lakukan
langkah yang sama untuk Customer berikutnya sampai
muncul tanda Cangratulations!.
*Jendela Cangratulations! akan tampil jika
total saldo customer balances yang di input sama dengan akun piutang dagang
pada saldo awal perusahaan
J. Setup Persediaan
Berikut
ini adalah data persediaan barang dagang yang dimiliki PT Unicorn Techno:
Penyelesaian :
Item List Persediaan
Merupakan alokasi total Persediaan yang telah diinput di Account
Opening Balance. Jadi Total Nominal yang dialokasikan harus sama dengan nominal
Persediaan di Account Opening Balance.
-
Pilih Modul inventory - Item
List
-
Klik New untuk membuat data
item baru.
-
Isi profil item
-
Isi buying details
-
Isi selling details klik ok
Inventory opening balance
Data HPP persediaan barang diinput ke dalam modul
inventory
-
Pilih
Modul Inventory – Count Inventory
-
Akan
ditampilkan form Count Inventory. Ketikkan jumlah kuantitas setiap barang pada
kolom counted
-
Selanjutnya
klik tombol Adjust Inventory!
-
Tampil jendela Default Expense Account.
Pilihan ini bisa dikosongkan.
-
Klik Continue
-
Klik
opening balances
-
Isikan
hpp barang per unit di kolom unit cost lalu klik record















Comments
Post a Comment